Rabu, 12 November 2014

RPP IRISAN KERUCUT SMA MATEMATIKA PEMINATAN XI IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SMA Negeri 1 Kertek
Mata Pelajaran          : Matematika-Peminatan
Kelas/Semester          : XI/1
Materi Pokok             : Irisan Kerucut
Alokasi Waktu           : 12 x 2 jam pelajaran
A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai  bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam  pergaulan dunia.
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
2.1  Melatih diri bersikap konsisten, rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur serta  responsif dalam memecahkan masalah matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata kehidupan.
2.2  Menunjukkan kemampuan berkolaborasi, percaya diri, tangguh, kemampuan bekerjasama dan bersikap realistis serta proaktif dalam memecahkan dan menafsirkan penyelesaian masalah.
3.3  Menganalisis konsep sifat- sifat irisan kerucut (parabola, hiperbola, dan ellips) dan menerapkannya dalam pembuktian dan menyelesaikan masalah matematika
3.4 Mendeskripsikan hubungan garis direktis, titik fokus dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan ellips dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
3.5  Menganalisis data terkait unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips untuk menggambar kurva dan mengidentifikasi sifat-sifatnya.
4.3 Mengolah data dan menganalisis model matematika dengan melakukan manipulasi aljabar untuk menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan parabola atau hiperbola atau ellips.
4.4 Menyajikan objek-objek nyata sebagai gambaran model parabola, hiperbola, dan ellips dan merancang masalah serta menyelesaikannya dengan menerapkan konsep dan sifat-sifat irisan kerucut yang telah dibuktikan kebenaranya.
Indikator :
                                 ·            Mengetahui sifat-sifat dan menggambar parabola, hiperbola, dan elips.
                                 ·            Membuat persamaan parabola dari unsur-unsur yang diketahui.
                                 ·            Menentukan garis direktasi titik fokus dan penerapannya dalam masalah nyata.
C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan, peserta didik dapat :
                                 ·            Siswa dapat mengetahui sifat-sifat dan menggambar parabola, hiperbola, dan elips.
                                 ·            Siswa dapat membuat persamaan parabola dari unsur-unsur yang diketahui.
                                 ·            Siswa dapat menentukan garis direktasi titik fokus dan penerapannya dalam masalah nyata.

D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan kesatu
1.      Pengertian dan sifat-sifat Parabola
Parabola adalah kedudukan titik-titik di dalam bidang yang jaraknya ke sebuah titik tertentu sama dengan jaraknya ke sebuah garis tertentu dalam bidang tersebut.
2.      Persamaan Parabola
a.       Parabola yang berpuncak di O (0,0)
        x=-p            y        

   M(-p,y)                   P(x,y)
 

             A                      F(p,0)             x

                                     
·         Parabola menghadap ke kanan
Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (p,0)
Persamaan direktriks x = -p
Persamaan sumbu simetri berimpit dengan sumbu x
P > 0
 
·         Parabola menghadap ke kiri
                               y
                         P(x,y)
                                                garis direktriks

 

               F(-p,0)                                    x



Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (-p,0)
Persamaan direktriks x = p
Persamaan sumbu simetri berimpit dengan sumbu x
P < 0
·         Parabola menghadap ke atas
                                                                y

                                                 P(x,y)                  F(0,p)
                                                                 0                            x

Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (0,p)
Persamaan direktriks y = -p
Persamaan sumbu simetri berimpit dengan sumbu y
·         Parabola menghadap ke bawah
Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (0,-p)
Persamaan direktriks y = p
Persamaan sumbu simetri berimpit dengan sumbu y
b.      Parabola yang berpuncak di A(h,k)
·         Direktriks sejajar sumbu y
Persamaan :
Koordinat titik puncak (h,k)
Koordinat titik fokus F(h+p,k)
Persamaan direktriks x =h-p
Sumbu simetri parabola y= k sejajar sumbu x
·         Direktriks sejajar sumbu x
Persamaan :
Koordinat titik puncak (h,k)
Koordinat titik fokus F(h,k+p)
Persamaan direktriks y =k –p
Pertemuan Kedua
Pengertian dan Sifat-Sifat Hiperbola
1.      Definisi
Hiperbola merupakan kurva lengkung sederhana dan teratur yang mempunyai dua sumbu simetri. Hiberbola merupakan bangun datar yang diperoleh dengan mengiris bangun kerucut yang saling bertolak belakang memotong tegak lurus bangun kerucut tersebut tetapi tidak memotong puncak kerucut.
Dalam matematika hiperbola didefinisikan sebagai himpunan titik-titik (pada bidang datar) yang selisih jaraknya terhadap dua titik tertentu tetap besarnya. Selanjutnya dua titik itu disebut titik fokus hiperbola.
Jadi hiperbola dapat dilukis jika diketahui dua titik fokus hiperbola dan suatu ruas garis yang panjangnya kurang dari jarak kedua titik fokus itu diketahui.
2.      Persamaan hiperbola yang berpusat
Persamaan
·         Puncak
·        
·         Sumbu minor , mayor
·         Eksentrisitas
·         Latus rectrum
·         Persamaan asimtot
Contoh
a.       Diketahui persamaan
Tentukan koordinat titik puncak, fokus, panjang sumbu mayor, eksentrisitas, persamaan direktris, persamaan asimtot, dan panjang latus rectrum!
Jawab :
 
Puncak  dan
Fokus  dan
Panjang sumbu mayor 8
Eksentrisitas  atau
     
Persamaan asimtot  dan
Latus rectrum

b.      Diketahui persamaan  tentukan
1.      Koordinat titik pusat,
2.      Koordinat titik puncak,
3.      Koordinat titik fokus,
4.      Persamaan garis asimtot!
Jawab
sehingga
1.      Koordinat titik pusat
2.      Puncak
3.     
4.      Persamaan garis asimtot
3.      Persamaan hiperbola dengan pusat di
Persamaanya
 
·         Pusat
·         Puncak
·         Fokus
·         Koordinat titik ujung sumbu minor
·         Persamaan asimtot
Persamaan
Fokus
Puncak
Persamaan asimtot
Contoh:
Diketahui hiperbola
Tentukan
a.       Pusat
b.      Fokus
c.       Puncak
d.      Sumbu nyata, sumbu imajiner
e.       Persamaan asimtot
f.       Sketsa grafik
Jawab
Ke bentuk
a.       (3,2)
b.      Fokus  dan
c.       Puncak
d.      Sumbunyata
e.       Persamaan asimtot
Pertemuan ketiga
Pengertian dan sifat-sifat elips
1.      Definisi
Elips merupakan kurva lengkung sederhana dan teratur yang mempunyai dua sumbu simetri.
Beberapa titik jika di hubungkan sehingga membentukkurva yang dosebut elips. Dengan demikian elips adalah tempat kedudukan titik-titik yang jumlah jaraknya terhadap dua titik tetap sama. Dua titik tetap itu disebut fokus dan jumlah jarak yang sama itu dinyatakan dengan 2a.
Dalam kehidupan nyata, banyak dijumpai bentuk-bentuk benda yang berbentuk elips. Misalnya lintasan komet, yupiter, uranus dan bumi kiat ketika mengelilingi matahari. Contoh lainya adalah irisan telor asin yang di bagi 2 sama besar membujur maupun bayangan roda sepeda oleh sinar matahari condong.
2.      Unsur-unsur elips
Perhatikan gambar elips berikut:
                                       C
                                                                T
 

B                                                     A

                       D
                        Keterangan :
                        Titik O disebut koordinat titik elips.
                        Titik A, B, C, dan D disebut koordinat titik-titik puncak elips.
                        Titik dan  disebut koordinat titik-titik puncak elips.
AB dan CD berturut-turut disebut sumbu mayor (panjang) dan sumbu minor (pendek).
AB =          
3.      Persamaan Elips
a.       Persamaan elips yang pusatnya O (0,0)
Persamaan :           
·           Puncak
·           Fokus ,
·           Sumbu mayor = 2a
·           Sumbu minor = 2b
·           Persamaan direktriks
·           Eksentrisitas
·           Panjang latus rectum
b.      Persamaan elips yang pusatnya (p,q)
Persamaan
Dimana:
·           Pusat (p,q)
·           Puncak
·           Fokus
·           Sumbu mayor = 2a
·           Sumbu minor = 2b
·           Eksentrisitas
·           Persamaan direktriks
·           Latus rectum
Pertemuan keempat
1.      Garis singgung Parabola
Garis singgung parabola adalah suatu garis yang memotong parabola tepat pada satu titik.                     y
 

                                                                           
                                    m
 


                                     x = -p                                  
      parabola di atas memiliki puncak di O (0,0) dan fokusnya F(p,0); sehingga persamaanya adalah . Garis g memotong (terletak pada) parabola dititik  dan ; sehingga didapat  dan  dengan demikian didapat selisih kuadratnya adalah :
 
 
 
Persamaan garis g adalah :
 

 
1)       Persamaan garis singgung parabola
a.       Persamaan garis singgung melalui  pada parabola  adalah
b.      Persamaan garis singgung pada parabola  ditarik melalui p  diluar parabola adalah  yaitu dengan mencari dulu titik potong garis kutubnya dengan parabola (sama seperti lingkaran)
c.       Persamaan garis singgung di titik  pada parabola  adalah  
2)      Persamaan garis singgung pada parabola dengan gradien m pada :
a.       Parabola  ialah
b.      Parabola  ialah
3)      Kedudukan garis terhadap parabola
a.       D > 0          garis g memotong parabola di dua titik.
b.      D = 0          garis g menyinggung parabola
c.       D < 0          garis g tidak memotong dan tidak menyinggung parabola
 Pertemuan kelima
1.      Garis singgung hiperbola
                                   y
 


                                                                                     
 

                                   O                                             x
                                g                                

                                                     x = -p
perhatikan gambar diatas.
Garis g menyinggung hiperbola  dititik
Bagaimana mencari persamaan garis singgungnya ? diketahui bahwa baik P maupun Q terletak pada hiperbola sehingga didapat beberapa hal berikut.
Titik  pada hiperbola; sehingga
Titik  pada hiperbola; sehingga
Gradien garis
Jika persamaan 1 dikurangi dengan persamaan 2 akan didapatkan :
 
 
 
 
Bandingkan persamaan 3 dan 4, dengan demikian didapat persamaan garis PQ adalah
 
Maka persamaan garis singgung hiperbola adalah  
Persamaan garis singgung dengan gradien m terhadap hiperbola adalah
Pertemuan keenam
1.      Garis singgung elips
Garis singgung dengan gradien m terhadap elips adalah
Dengan menggunakan sumbu baru  dan  maka persamaan garis singgung dengan gradien m terhadap elips dengan pusat P (α,β) adalah (y – b) =
a.       Persamaan garis singgung di titik pada elips
 
b.      Persamaan garis singgung dititik , pada elips
 
c.       Persamaan garis singgung melalui diluar elips dapat dicari dengan megnggunakan D (Diskriminan/garis kutub).
d.      Persamaan garis singgung elips dengan gradien m
·         Elips  persamaan garis singgungnya
 
·         Elips  persamaan garis singgungnya
 
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran       : Scientific Learning
Model/Metode Pembelajaran :
                         ·          Ekspositori
                         ·          Jigsaw II
                         ·          Ekspositori dan kartu arisan
                         ·          Two stay two stray
                         ·          Ekspositori
                         ·          Numbered Heads Together dan talking stick
F.     Media, Alat dan Sumber belajar
                                 ·            Media  /Alat                : Papan tulis, spidol
                                 ·            Sumber Belajar            : Buku Matematika kelas XI
G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4.      Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami irisan kerucut dalam kehidupan nyata.
5.      Guru mengingatkan peserta didik pada materi sebelumnya yaitu tentang bangun ruang, khususnya kerucut yang telah dipelajari waktu SMP.
15 Menit
Kegiatan Inti
Langkah-langkah pembelajaran ekspositori
Mengamati
         ·            Peserta didik mencermati penjelasan guru mengenai pengertian dan persamaan parabola.
         ·            Peserta didik mengamati permasalahan untuk menemukan persamaan parabola yang diberikan guru (lampiran 1)
 Menanya
         ·            Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai pengertian dan  persamaan parabola
         ·            Guru memfasilitasi peserta didik untuk mencermati dan mempelajari pengertian dan  persamaan parabola
Mengeksplorasikan
         ·            Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan persamaan parabola.
Mengasosiasikan
         ·            Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan persamaan parabola serta menerapkannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
         ·            Peserta didik membuat rangkuman mengenai pengertian dan persamaan parabola dikumpulkan.
Mencoba
         ·            Peserta didik menyelesaikan masalah yang ada pada LKPD (lampiran 1).
         ·            Memberikan tugas individu (lampiran 1).
60 Menit
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang pengertian dan persamaan parabola.
2.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
15    menit
Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4.      Guru mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang pengertian dan persamaan parabola.
15 menit
Kegiatan inti
Langkah-langkah pembelajaran Jigsaw II
Mengamati
         ·            Peserta didik mengamati ringkasan materi tentang pengertian dan sifat-sifat hiperbola (lampiran 2)
         ·            Peserta didik dikelompokkan ke dalam kelompok masing-masing beranggotakan 4  orang menyesuaikan jumlah kelas, dan diberikan ringkasan materi (lampiran 2).
         ·            Tiap 2 peserta didik dalam satu kelompok mendapatkan masalah yang berbeda dan harus diselesaikan.
1)      Persamaan hiperbola yang bersifat di (0,0)
2)      Persamaan hiperbola dengan pusat (p,q)

Menanya
         ·            Peserta didik membuat pertanyaan tentang persamaan hiperbola kepada kelompok ahli.
         ·            Guru memfasilitasi peserta didik untuk mencermati dan mempelajari pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
Mengeksplorasikan
         ·            Peserta didik menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
Mengasosiasikan
         ·            Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
         ·            Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
Mengkomunikasikan
         ·            Peserta didik menyampaikan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok asal.
         ·            Beberapa perwakilan peserta didik menyampaikan hasil diskusi didepan kelas, dengan pemilihan secara acak.

·            Mencoba
         ·            Peserta didik diberikan tugas individu (lampiran 2) yang berkaitan pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
60    menit
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
2.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
15 menit




Pertemuan ketiga
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4.      Guru mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
15 menit
Kegiatan inti
Langkah-langkah pembelajara ekspositori dan kartu arisan
Mengamati
         ·            Guru menjelaskan tentang pengertian dan sifat-sifat elips serta memberikan contoh soal dan peserta didik mencermati contoh soal pengertian dan sifat-sifat elips.
Menanya
         ·            Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik didepan.
Tentukan unsur-unsur elips jika diketahui persamaannya:
Mengeksplorasikan
         ·            Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan sifat-sifat elips.
Mengasosiasikan
         ·            Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan sifat-sifat elips
         ·            Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan sifat-sifat elips
Mengkomunikasikan
         ·            Menyampaikan teknik penyelesaian masing-masing masalah kepada anggota kelompok masing-masing.
         ·            Membuat laporan penyelesaian secara kelompok dan dikumpulkan.
·            Mencoba
         ·            Peserta didik mengerjakan tugas secara kelompok dengan metode arisan, setiap siswa dalam satu kelompok mendapatkan permasalahan yang berbeda untuk diselesaikan. (lampiran 3)
60 menit
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang pengertian dan sifat-sifat elips.
2.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
15 menit
 Pertemuan keempat
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4.      Guru mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang pengertian dan sifat-sifat elips.
15 menit
Kegiatan inti
Langkah-langkah pembelajara tipe two stay two stray
Mengamati
         ·            Mencermati ringkasan materi (lampiran 3)  garis singgung parabola, satu kelas dibagi menjadi 3 kelompok dan tiap kelompok mendapatkan sub materi yang berbeda, yaitu:
1)      Persamaan garis singgung parabola.
2)      Persamaan garis singgung pada parabola dengan gradien m .
3)      Kedudukan garis terhadap parabola.
Menanya
         ·            Peserta didik bertanya ketika bertamu kepada tuan rumah yang menjelaskan materi.
Mengeksplorasikan
         ·            Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung parabola.
Mengasosiasikan
         ·            Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung parabola.
         ·            Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai garis singgung parabola.
Mengkomunikasikan
         ·            Peserta didik yang bertugas sebagi tuan rumah menyampaikan sub materi bagiannya kepada kelompok lain yang sedang bertamu.
         ·            Peserta didik yang bertugas bertamu menyampaikan hasil bertamu kepada anggota kelompoknya.
Mencoba
         ·            Peserta didik diberikan tugas individu (lampiran 3) untuk diselesaikan dan dikumpulkan.

60 menit
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang garis singgung parabola.
2.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
15 menit
Pertemuan kelima
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4.      Guru mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang garis singgung parabola.
15 menit
Kegiatan inti
Langkah-langkah pembelajara tipe ekspositori
Mengamati
         ·            Peserta didik mencermati penjelasan guru mengenai garis singgung hiperbola.
         ·            Peserta didik mencermati contoh soal yang diberikan guru.
Menanya
         ·            Guru membuat pertanyaan mengenai garis singgung hiperbola.
1.      Tentukan persamaan garis singgugn pada hiperbola  pada titik (9,4)
Mengeksplorasikan
         ·            Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung hiperbola.
Mengasosiasikan
         ·            Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung hiperbola.
         ·            Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai garis singgung hiperbola.
Mengkomunikasikan
         ·            Menyampaikan hasil penyelesaian dari pertanyaan guru didepan kelas bagi yang sudah siap.
Mencoba
         ·            Peserta didik mengerjakan pertanyaan guru didepan kelas.
60    menit
Penutup
         ·            Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang garis singgung hiperbola.
         ·            Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
15 menit

Pertemuan keenam
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
         ·            Guru mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang garis singgung hiperbola.
15 menit
Kegiatan inti
Langkah-langkah pembelajara ekspositori
Mengamati
         ·            Peserta didik mencermati  penjelasan guru tentang garis singgung elips.
         ·            Peserta didik mencermati contoh soal yang diberikan guru.
Menanya
         ·            Peserta didik membuat pertanyaan mengenai garis singgung elips.
Mengeksplorasikan
         ·            Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung elips.
Mengasosiasikan
         ·            Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung elips.
         ·            Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai garis singgung elips.
Mengkomunikasikan
         ·            Membuat ringkasan tentang garis singgung elips dan dikumpulkan
Mencoba
         ·            Peserta didik mengerjakan tugas individu (lampiran 4) yang berkaitan dengan penyelesaian garis singgung elips.
60 menit
Penutup
         ·            Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang garis singgung elips.
         ·            Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
15 menit


H.    Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.      Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Memiliki rasa percaya diri dalam kegiatan pembelajaran.
b.      Menunjukan sikap peduli dan mampu bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
1.      Mampu menyelesaikan persamaan parabola, hiperbola dan ellips
2.      Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan irisan kerucut.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian LKPD  dan tugas individu
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan irisan kerucut.

Pengamatan

Penyelesaian tugas

I.       Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Teknik                         : tugas kelompok (LKPD) dan tugas individu
Bentuk instrumen        : uraian
Contoh instrumen       : terlampir
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.







Mengetahui,
Guru Pamong



Fuaidah Aminy, S.Si.
NIP. 19790722 200312 2 002
Wonosobo, September 2014
Mahasiswa Praktikan



Lena Septanti
NIM. 112144336
Kepala Sekolah


Sabar Riyanto, S.Pd.,MT
NIP. 19710615 200003 1 004

1 komentar:

  1. Coin Casino: Play Online Casino Games!
    Coin Casino is a new online casino where you can play casino games on your desktop or mobile device. This 코인카지노 is a trusted brand, 더킹카지노 established in 2018. 메리트카지노 You can trust

    BalasHapus