RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Negeri 1 Kertek
Mata Pelajaran :
Matematika-Peminatan
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Irisan
Kerucut
Alokasi Waktu : 12 x 2 jam pelajaran
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 :Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan.
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri, tangguh,
kemampuan bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah.
3.3
Menganalisis konsep sifat- sifat
irisan
kerucut (parabola,
hiperbola, dan ellips)
dan menerapkannya dalam pembuktian dan
menyelesaikan
masalah matematika
3.4
Mendeskripsikan hubungan garis direktis, titik fokus
dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan
ellips
dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
3.5
Menganalisis data terkait unsur-unsur parabola,
hiperbola dan ellips untuk
menggambar kurva dan mengidentifikasi sifat-sifatnya.
4.3
Mengolah data dan menganalisis model matematika dengan
melakukan manipulasi aljabar untuk
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan
parabola
atau hiperbola atau ellips.
4.4
Menyajikan
objek-objek nyata sebagai gambaran
model parabola, hiperbola,
dan ellips dan merancang masalah
serta menyelesaikannya dengan menerapkan
konsep
dan sifat-sifat irisan kerucut yang telah
dibuktikan kebenaranya.
Indikator
:
·
Mengetahui sifat-sifat dan menggambar
parabola, hiperbola, dan elips.
·
Membuat persamaan parabola dari
unsur-unsur yang diketahui.
·
Menentukan garis direktasi titik fokus
dan penerapannya dalam masalah nyata.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan, peserta didik
dapat :
·
Siswa dapat
mengetahui sifat-sifat dan menggambar parabola, hiperbola, dan
elips.
·
Siswa dapat membuat
persamaan parabola dari unsur-unsur yang diketahui.
·
Siswa dapat menentukan
garis direktasi titik fokus dan penerapannya dalam masalah nyata.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan kesatu
1. Pengertian
dan sifat-sifat Parabola
Parabola adalah
kedudukan titik-titik di dalam bidang yang jaraknya ke sebuah titik tertentu
sama dengan jaraknya ke sebuah garis tertentu dalam bidang tersebut.
2. Persamaan
Parabola
a. Parabola
yang berpuncak di O (0,0)
x=-p y
M(-p,y) P(x,y)
A F(p,0) x
·
Parabola menghadap ke kanan
Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (p,0)
Persamaan direktriks x
= -p
Persamaan sumbu simetri
berimpit dengan sumbu x
P > 0
·
Parabola menghadap ke kiri
y
P(x,y)
garis direktriks
F(-p,0) x
Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (-p,0)
Persamaan direktriks x
= p
Persamaan sumbu simetri
berimpit dengan sumbu x
P < 0
·
Parabola
menghadap ke atas
y
P(x,y) F(0,p)
0 x
Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (0,p)
Persamaan direktriks y
= -p
Persamaan sumbu simetri
berimpit dengan sumbu y
·
Parabola menghadap ke bawah
Persamaan
Puncak P(0,0)
Fokus F (0,-p)
Persamaan direktriks y
= p
Persamaan sumbu simetri
berimpit dengan sumbu y
b. Parabola
yang berpuncak di A(h,k)
·
Direktriks sejajar sumbu y
Persamaan :
Koordinat titik puncak
(h,k)
Koordinat titik fokus
F(h+p,k)
Persamaan direktriks x
=h-p
Sumbu simetri parabola
y= k sejajar sumbu x
·
Direktriks sejajar sumbu x
Persamaan :
Koordinat titik puncak
(h,k)
Koordinat titik fokus
F(h,k+p)
Persamaan direktriks y
=k –p
Pertemuan Kedua
Pengertian
dan Sifat-Sifat Hiperbola
1. Definisi
Hiperbola merupakan
kurva lengkung sederhana dan teratur yang mempunyai dua sumbu simetri.
Hiberbola merupakan bangun datar yang diperoleh dengan mengiris bangun kerucut
yang saling bertolak belakang memotong tegak lurus bangun kerucut tersebut
tetapi tidak memotong puncak kerucut.
Dalam matematika
hiperbola didefinisikan sebagai himpunan titik-titik (pada bidang datar) yang
selisih jaraknya terhadap dua titik tertentu tetap besarnya. Selanjutnya dua
titik itu disebut titik fokus hiperbola.
Jadi hiperbola dapat
dilukis jika diketahui dua titik fokus hiperbola dan suatu ruas garis yang
panjangnya kurang dari jarak kedua titik fokus itu diketahui.
2. Persamaan
hiperbola yang berpusat
Persamaan
·
Puncak
·
·
Sumbu minor
, mayor
·
Eksentrisitas
·
Latus rectrum
·
Persamaan asimtot
Contoh
a. Diketahui
persamaan
Tentukan koordinat
titik puncak, fokus, panjang sumbu mayor, eksentrisitas, persamaan direktris,
persamaan asimtot, dan panjang latus rectrum!
Jawab :
Puncak
dan
Fokus
dan
Panjang sumbu mayor 8
Eksentrisitas
atau
Persamaan asimtot
dan
Latus
rectrum
b. Diketahui
persamaan
tentukan
1. Koordinat
titik pusat,
2. Koordinat
titik puncak,
3. Koordinat
titik fokus,
4. Persamaan
garis asimtot!
Jawab
sehingga
1. Koordinat
titik pusat
2. Puncak
3.
4. Persamaan
garis asimtot
3. Persamaan
hiperbola dengan pusat di
Persamaanya
·
Pusat
·
Puncak
·
Fokus
·
Koordinat titik ujung sumbu minor
·
Persamaan asimtot
Persamaan
Fokus
Puncak
Persamaan
asimtot
Contoh:
Diketahui
hiperbola
Tentukan
a. Pusat
b. Fokus
c. Puncak
d. Sumbu
nyata, sumbu imajiner
e. Persamaan
asimtot
f. Sketsa
grafik
Jawab
Ke bentuk
a.
(3,2)
b. Fokus
dan
c. Puncak
d. Sumbunyata
e. Persamaan
asimtot
Pertemuan ketiga
Pengertian
dan sifat-sifat elips
1. Definisi
Elips merupakan kurva
lengkung sederhana dan teratur yang mempunyai dua sumbu simetri.
Beberapa titik jika di
hubungkan sehingga membentukkurva yang dosebut elips. Dengan demikian elips
adalah tempat kedudukan titik-titik yang jumlah jaraknya terhadap dua titik tetap
sama. Dua titik tetap itu disebut fokus dan jumlah jarak yang sama itu
dinyatakan dengan 2a.
Dalam kehidupan nyata,
banyak dijumpai bentuk-bentuk benda yang berbentuk elips. Misalnya lintasan
komet, yupiter, uranus dan bumi kiat ketika mengelilingi matahari. Contoh
lainya adalah irisan telor asin yang di bagi 2 sama besar membujur maupun
bayangan roda sepeda oleh sinar matahari condong.
2. Unsur-unsur
elips
Perhatikan
gambar elips berikut:
C
T
B
A
D
Keterangan :
Titik O disebut
koordinat titik elips.
Titik A, B, C, dan D
disebut koordinat titik-titik puncak elips.
Titik
dan
disebut koordinat titik-titik puncak elips.
AB
dan CD berturut-turut disebut sumbu mayor (panjang) dan sumbu minor (pendek).
AB
=
3. Persamaan
Elips
a. Persamaan
elips yang pusatnya O (0,0)
Persamaan :
·
Puncak
·
Fokus
,
·
Sumbu mayor = 2a
·
Sumbu minor = 2b
·
Persamaan direktriks
·
Eksentrisitas
·
Panjang latus rectum
b. Persamaan
elips yang pusatnya (p,q)
Persamaan
Dimana:
·
Pusat (p,q)
·
Puncak
·
Fokus
·
Sumbu mayor = 2a
·
Sumbu minor = 2b
·
Eksentrisitas
·
Persamaan direktriks
·
Latus rectum
Pertemuan keempat
1.
Garis singgung Parabola
Garis
singgung parabola adalah suatu garis yang memotong parabola tepat pada satu
titik. y
m
x =
-p
parabola di atas memiliki puncak di O (0,0) dan fokusnya
F(p,0); sehingga persamaanya adalah
. Garis g memotong (terletak pada)
parabola dititik
dan
; sehingga didapat
dan
dengan
demikian didapat selisih kuadratnya adalah :
Persamaan garis g
adalah :
1) Persamaan garis singgung parabola
a. Persamaan
garis singgung melalui
pada parabola
adalah
b. Persamaan
garis singgung pada parabola
ditarik melalui p
diluar parabola adalah
yaitu dengan mencari dulu titik potong garis
kutubnya dengan parabola (sama seperti lingkaran)
c. Persamaan
garis singgung di titik
pada parabola
adalah
2) Persamaan
garis singgung pada parabola dengan gradien m pada :
a. Parabola
ialah
b. Parabola
ialah
3) Kedudukan
garis terhadap parabola
a.
D
> 0 garis g memotong parabola
di dua titik.
b.
D
= 0 garis g menyinggung parabola
c.
D
< 0 garis g tidak memotong
dan tidak menyinggung parabola
Pertemuan
kelima
1.
Garis singgung
hiperbola
y
O
x
g
x = -p
perhatikan gambar
diatas.
Garis g menyinggung
hiperbola
dititik
Bagaimana mencari
persamaan garis singgungnya ? diketahui bahwa baik P maupun Q terletak pada
hiperbola sehingga didapat beberapa hal berikut.
Titik
pada hiperbola; sehingga
Titik
pada hiperbola; sehingga
Gradien garis
Jika persamaan 1
dikurangi dengan persamaan 2 akan didapatkan :
Bandingkan persamaan 3
dan 4, dengan demikian didapat persamaan garis PQ adalah
Maka persamaan garis
singgung hiperbola adalah
Persamaan garis
singgung dengan gradien m terhadap hiperbola adalah
Pertemuan
keenam
1. Garis
singgung elips
Garis singgung dengan
gradien m terhadap elips adalah
Dengan menggunakan
sumbu baru
dan
maka persamaan garis singgung dengan gradien m
terhadap elips dengan pusat P (α,β) adalah (y – b) =
a. Persamaan
garis singgung di titik
pada elips
b. Persamaan
garis singgung dititik
, pada elips
c. Persamaan
garis singgung melalui
diluar elips dapat dicari dengan
megnggunakan D (Diskriminan/garis kutub).
d. Persamaan
garis singgung elips dengan gradien m
·
Elips
persamaan garis singgungnya
·
Elips
persamaan garis singgungnya
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran : Scientific Learning
Model/Metode
Pembelajaran :
·
Ekspositori
·
Jigsaw
II
·
Ekspositori dan
kartu arisan
·
Two stay
two stray
·
Ekspositori
·
Numbered Heads
Together dan talking stick
F.
Media,
Alat dan Sumber belajar
·
Media /Alat
: Papan tulis, spidol
·
Sumber Belajar : Buku Matematika kelas XI
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
4. Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami
irisan
kerucut dalam kehidupan
nyata.
5. Guru
mengingatkan peserta didik pada materi sebelumnya yaitu tentang bangun ruang,
khususnya kerucut yang telah dipelajari waktu SMP.
|
15 Menit
|
Kegiatan
Inti
Langkah-langkah
pembelajaran ekspositori
Mengamati
·
Peserta didik mencermati
penjelasan guru mengenai pengertian dan persamaan parabola.
·
Peserta didik mengamati permasalahan untuk
menemukan persamaan parabola yang diberikan guru (lampiran 1)
Menanya
·
Peserta didik
diberi kesempatan untuk bertanya mengenai pengertian dan persamaan parabola
·
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk mencermati dan mempelajari pengertian
dan persamaan parabola
Mengeksplorasikan
·
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan persamaan parabola.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian dan persamaan parabola serta menerapkannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik membuat rangkuman mengenai
pengertian dan persamaan parabola dikumpulkan.
Mencoba
·
Peserta didik menyelesaikan masalah yang ada
pada LKPD (lampiran 1).
·
Memberikan tugas individu (lampiran 1).
|
60 Menit
|
Penutup
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang
pengertian dan persamaan parabola.
2.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
|
15 menit
|
Pertemuan kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
4. Guru
mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang pengertian dan
persamaan parabola.
|
15 menit
|
Kegiatan
inti
Langkah-langkah
pembelajaran Jigsaw II
Mengamati
·
Peserta didik mengamati ringkasan materi tentang
pengertian dan sifat-sifat hiperbola (lampiran 2)
·
Peserta didik
dikelompokkan ke dalam kelompok masing-masing beranggotakan 4 orang menyesuaikan jumlah kelas, dan
diberikan ringkasan materi (lampiran 2).
·
Tiap 2
peserta didik dalam satu kelompok mendapatkan masalah yang berbeda dan harus
diselesaikan.
1)
Persamaan
hiperbola yang bersifat di (0,0)
2)
Persamaan
hiperbola dengan pusat (p,q)
Menanya
·
Peserta didik membuat pertanyaan tentang
persamaan hiperbola kepada kelompok ahli.
·
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk mencermati dan mempelajari pengertian
dan sifat-sifat hiperbola.
Mengeksplorasikan
·
Peserta didik menentukan unsur-unsur yang
terdapat pada pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
·
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan
sifat-sifat hiperbola.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi dari
kelompok ahli ke kelompok asal.
·
Beberapa perwakilan peserta didik
menyampaikan hasil diskusi didepan kelas, dengan pemilihan secara acak.
·
Mencoba
·
Peserta didik diberikan tugas individu
(lampiran 2) yang berkaitan pengertian dan sifat-sifat hiperbola.
|
60 menit
|
Penutup
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang pengertian
dan sifat-sifat hiperbola.
2.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
|
15 menit
|
Pertemuan ketiga
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
4. Guru
mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang pengertian dan
sifat-sifat hiperbola.
|
15
menit
|
Kegiatan
inti
Langkah-langkah
pembelajara ekspositori dan kartu
arisan
Mengamati
·
Guru menjelaskan tentang pengertian dan
sifat-sifat elips serta memberikan contoh soal dan peserta didik mencermati
contoh soal pengertian dan sifat-sifat elips.
Menanya
·
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta
didik didepan.
Tentukan
unsur-unsur elips jika diketahui persamaannya:
Mengeksplorasikan
·
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian
dan sifat-sifat elips.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan sifat-sifat elips
·
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan
sifat-sifat elips
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan teknik penyelesaian masing-masing
masalah kepada anggota kelompok masing-masing.
·
Membuat laporan penyelesaian secara kelompok
dan dikumpulkan.
·
Mencoba
·
Peserta didik mengerjakan tugas secara
kelompok dengan metode arisan, setiap siswa dalam satu kelompok mendapatkan
permasalahan yang berbeda untuk diselesaikan. (lampiran 3)
|
60
menit
|
Penutup
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang pengertian
dan sifat-sifat elips.
2.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
|
15
menit
|
Pertemuan keempat
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
4. Guru
mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang pengertian dan
sifat-sifat elips.
|
15 menit
|
Kegiatan
inti
Langkah-langkah
pembelajara tipe two stay two stray
Mengamati
·
Mencermati ringkasan materi (lampiran 3) garis singgung parabola, satu kelas dibagi
menjadi 3 kelompok dan tiap kelompok mendapatkan sub materi yang berbeda,
yaitu:
1) Persamaan
garis singgung parabola.
2) Persamaan
garis singgung pada parabola dengan gradien m .
3) Kedudukan
garis terhadap parabola.
Menanya
·
Peserta didik bertanya ketika bertamu kepada
tuan rumah yang menjelaskan materi.
Mengeksplorasikan
·
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada garis
singgung parabola.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung parabola.
·
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai garis singgung
parabola.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik yang bertugas sebagi tuan rumah
menyampaikan sub materi bagiannya kepada kelompok lain yang sedang bertamu.
·
Peserta didik yang bertugas bertamu
menyampaikan hasil bertamu kepada anggota kelompoknya.
Mencoba
·
Peserta didik diberikan tugas individu (lampiran
3) untuk diselesaikan dan dikumpulkan.
|
60
menit
|
Penutup
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang garis
singgung parabola.
2.
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
|
15
menit
|
Pertemuan kelima
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
4. Guru
mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang garis singgung
parabola.
|
15
menit
|
Kegiatan
inti
Langkah-langkah
pembelajara tipe ekspositori
Mengamati
·
Peserta didik mencermati penjelasan guru
mengenai garis singgung hiperbola.
·
Peserta didik mencermati contoh soal yang
diberikan guru.
Menanya
·
Guru membuat pertanyaan mengenai garis
singgung hiperbola.
1. Tentukan
persamaan garis singgugn pada hiperbola
pada
titik (9,4)
Mengeksplorasikan
·
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada garis
singgung hiperbola.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung hiperbola.
·
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai garis singgung
hiperbola.
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan hasil penyelesaian dari
pertanyaan guru didepan kelas bagi yang sudah siap.
Mencoba
·
Peserta didik mengerjakan pertanyaan guru
didepan kelas.
|
60
menit
|
Penutup
·
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang garis
singgung hiperbola.
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
|
15
menit
|
Pertemuan keenam
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
·
Guru mengingatkan siswa pada materi
sebelumnya yaitu tentang garis singgung hiperbola.
|
15
menit
|
Kegiatan
inti
Langkah-langkah
pembelajara ekspositori
Mengamati
·
Peserta didik mencermati penjelasan guru tentang garis singgung
elips.
·
Peserta didik mencermati contoh soal yang
diberikan guru.
Menanya
·
Peserta didik membuat pertanyaan mengenai garis
singgung elips.
Mengeksplorasikan
·
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada garis
singgung elips.
Mengasosiasikan
·
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada garis singgung elips.
·
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai garis singgung elips.
Mengkomunikasikan
·
Membuat ringkasan tentang garis singgung
elips dan dikumpulkan
Mencoba
·
Peserta didik mengerjakan tugas individu
(lampiran 4) yang berkaitan dengan penyelesaian garis singgung elips.
|
60
menit
|
Penutup
·
Dengan
bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang garis
singgung elips.
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
|
15
menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Memiliki
rasa percaya diri dalam kegiatan pembelajaran.
b. Menunjukan
sikap peduli dan mampu bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
1. Mampu
menyelesaikan persamaan parabola, hiperbola dan ellips
2.
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan irisan kerucut.
|
Pengamatan dan
tes
|
Penyelesaian LKPD dan tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan irisan kerucut.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas
|
I. Instrumen Penilaian Hasil belajar
Teknik :
tugas kelompok (LKPD) dan tugas individu
Bentuk instrumen :
uraian
Contoh instrumen :
terlampir
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik
dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga
proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis
(ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan
strategi memecahkan masalah.
Mengetahui,
Guru Pamong
Fuaidah
Aminy, S.Si.
NIP. 19790722 200312 2 002
|
Wonosobo,
September
2014
Mahasiswa Praktikan
Lena Septanti
NIM.
112144336
|
Kepala
Sekolah
Sabar
Riyanto, S.Pd.,MT
NIP.
19710615 200003 1 004
Coin Casino: Play Online Casino Games!
BalasHapusCoin Casino is a new online casino where you can play casino games on your desktop or mobile device. This 코인카지노 is a trusted brand, 더킹카지노 established in 2018. 메리트카지노 You can trust