SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran : Matematika Peminatan MIPA
Kelas :
XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
polinomial
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan
sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai teknik
penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema
sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada teknik penyelesaian operasi aljabar pada
polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada teknik penyelesaian operasi aljabar
pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya
pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai teknik penyelesaian operasi
aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan
penerapannya
pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan teknik penyelesaian operasi aljabar pada
polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai teknik penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan
sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 3 sumber
belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai penyelesaian operasi aljabar pada
polinomial dan sifat-sifatnya, teorema sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
mengenai penyelesaian operasi aljabar pada polinomial dan sifat-sifatnya, teorema
sisa, teorema faktor, dan penerapannya pada masalah
nyata.
|
5 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.1 Mendeskripsikan konsep
dan menganalisis sifat
operasi aljabar pada polinomial dan menerapkannya dalam
menyelesaikan
masalah matematika.
3.2 Mendeskripsikan
aturan perkalian
dan pembagian polinomial
dan menerapkan
teorema sisa dan
dan pemfaktoran
polinomial dalam menyelesaikan masalah matematika
|
||||||
4.1 Memecahan
masalah nyata menggunakan konsep teorema
sisa dan faktorisasi dalam
polinomial.
4.2 Memecahkan masalah nyata dengan model persamaan kubik dengan
menerapkan
aturan dan sifat
pada polinomial.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Irisan Kerucut
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik
fokus, persamaan parabola, ellips, dan
hiperbola, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengetian dan
sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengetian dan sifat-sifat, garis
direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengetian
dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis
direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengetian dan sifat-sifat, garis direktris
dan titik fokus, persamaan parabola,
ellips, dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata dengan
lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis direktris dan titik
fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata minimal
dari
3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengetian dan sifat-sifat, garis
direktris dan titik fokus, persamaan
parabola, ellips, dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengetian dan
sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips,
dan hiperbola, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.3 Menganalisis konsep sifat- sifat
irisan kerucut (parabola,
hiperbola, dan ellips)
dan menerapkannya dalam pembuktian dan
menyelesaikan
masalah matematika
3.4 Mendeskripsikan hubungan garis
direktis, titik fokus
dan titik-titik pada kurva parabola, hiperbola, dan ellips dan menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
3.5
Menganalisis data terkait unsur-unsur parabola, hiperbola dan ellips
untuk menggambar kurva
dan mengidentifikasi sifat-sifatnya.
|
||||||
4.3 Mengolah
data dan menganalisis model matematika dengan melakukan
manipulasi aljabar untuk menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan
dengan persamaan parabola atau
hiperbola atau ellips.
4.4 Menyajikan
objek-objek nyata sebagai gambaran
model parabola, hiperbola,
dan ellips dan merancang masalah
serta menyelesaikannya dengan menerapkan
konsep dan sifat-sifat irisan kerucut yang telah
dibuktikan kebenaranya.
|
||||||
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Irisan Dua Lingkaran
|
Mengamati
Membaca dan mencermati mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua
lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah dari
berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengetian lingkaran,
gambar dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsu-unsur yang terdapat pada pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya
pada pemecahan masalah.
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengetian
dan sifat-sifat, garis direktris dan titik fokus, persamaan parabola, ellips, dan hiperbola,
dan penerapannya pada masalah nyata.
· Menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengetian lingkaran, gambar
dan sifat-sifat irisan dua lingkaran,
dan penerapannya pada pemecahan masalah.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya
pada pemecahan masalah dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
· Membaca dan mencermati mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat irisan dua
lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah minimal dari
3 sumber belajar (buku atau artikel cetak atau elektronik).
· Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengetian lingkaran, gambar dan sifat-sifat
irisan dua lingkaran, dan penerapannya
pada pemecahan masalah.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian pengetian lingkaran, gambar
dan sifat-sifat irisan dua lingkaran, dan penerapannya pada pemecahan masalah.
|
4 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.6
Mendeskripsikan
konsep lingkaran dan
menganalisis sifat-sifat
irisan dua lingkaran
dan menerapkannya dalam
memecahkan masalah.
|
||||||
4.5 Merencanakan
dan melaksanakan strategi yang
efektif
dalam memecahkan masalah
nyata dengan model lingkaran yang saling beririsan,
menginterpretasi masalah
dalam gambar dan menyelesaikannya.
|
||||||
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Sampel dan Fungsi distribusi
|
Mengamati
Mencermati
hal-hal yang berkaitan dengan penarikan sampel, variabel acak dari buku, alat
peraga ataupun penjelasan guru.
Menanya
· Guru
memancing pertanyaan yang berkaitan dengan penarikan
sampel
dan variabel acak.
· Berdasarkan
observasi dan pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan penarikan sampel dan variabel acak.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan cara penarikan sampel secara acak dan kegunaannya
· Mencoba mempraktekan penarikan sampel dari suatu populasi
· Mendiskusikan definisi variabel acak dan melakukan percobaan.
· Melakukan percobaan distribusi binomial
Mengasosiasikan
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penarikan sampel dan variabel
acak .
· Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan/percobaan
dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis tentang
apa yang telah dipelajari
· Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang
berkaitan dengan penarikan sampel dan kegunaan penarikan sampel
· Mengerjakan
latihan berkaitan dengan penarikan sampel dan kegunaan penarikan sampel .
· Menyusun
laporan yang berkaitan dengan penarikan
sampel
kegunaan
penarikan sampel .
Portofolio
· Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan
hasil analisis dan kesimpulan
Tes
Tes
tertulis.
|
4 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.7 Menganalisis
penarikan sampel acak
dari
suatu populasi sekumpulan objek atau kejadian
sehari-hari.
3.9 Mendeskripsikan konsep variabel acak,
dan
menganalisis untuk merumuskan fungsi distribusi
binomial melalui
percobaan acak.
|
||||||
1.6
Menyajikan dan
menggunakan
rumus fungsi distribusi binomial dalam menaksir
suatu kejadian yang
akan muncul berkaitan
dengan percobaan
acak.
|
||||||
2.1
Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2
Menunjukkan kemampuan berkolaborasi,
percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Penarikan kesimpulan
|
Mengamati
Mencermati
hal-hal yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan dari buku, alat peraga
ataupun penjelasan guru.
Menanya
· Menanya
tentang hal hal yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
· Berdasarkan
observasi dan pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan tahapan-tahapan dan kriteria-kriteria dalam uji hipotesis.
· Melakukan percobaan uji hipotesis dan mendiskusikan untuk menarik
kesimpulan
Mengasosiasikan
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen dan penarikan kesimpulan.
· Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan/percobaan
dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis tentang
apa yang telah dipelajari
· Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang
berkaitan dengan penarikan sampel, kegunaan penarikan sampel dan
penarikan kesimpulan
· Mengerjakan
latihan berkaitan dengan penarikan sampel, kegunaan penarikan
sampel dan penarikan kesimpulan
· Menyusun
laporan yang berkaitan dengan penarikan
sampel, kegunaan penarikan sampel dan penarikan kesimpulan
Portofolio
· Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan
hasil analisis dan kesimpulan
Tes
Tes
tertulis.
|
4 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.8 Mengevaluasi penarikan kesimpulan melalui
uji hipotesis dengan
kriteria tertentu.
|
||||||
4.7 Menyajikan
proses dan hasil penarikan kesimpulan dari
uji hipotesis dengan
argumentasi
dan prosedur penarikan
kesimpulan yang valid.
|
||||||
2.1 Melatih diri bersikap konsisten, rasa
ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Limit Fungsi
|
Mengamati
· Mencermati rumus-rumus dasar limit trigonometri baik dari buku, penjelasan
guru ataupun sumber lain.
· Mencermati limit fungsi aljabar menuju ketidakhinggaan baik dari buku,
penjelasan guru ataupun sumber lain.
Menanya
· Menamya yang berkaitan dengan konsep turunan kaitannya dengan limit
· Menanya
tentang limit menuju tak hingga.
· Menanyakan
dan mendiskusikan hal-hal yang belum dimengerti tentang berbagai hal berkaitan dengan konsep limit trigonometri
dan limit menuju tak hingga
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan
limit trginonometri dengan manipulasi aljabar, dengan
mengingat kembali identitas trigonometri
· Mendiskusikan konsep
limit trigonometri dengan manipulasi aljabar, dengan
mengingat kembali identitas trigonometri
· Mendiskusikan limit aljabar menuju ketakhinggaan
· Bereksperimen menentukan limit fungsi trigonometri dengan mengingat
kembali identitas trigonometri
Mengasosiasikan
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit aljabar menuju tak hingga
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit
dan limit trigonometri
· Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis tentang
apa yang telah dipelajari
· Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang
kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang
berkaitan dengan limit menuju tak hingga dan limit trigonometri
· Mengerjakan
latihan berkaitan dengan limit menuju tak hingga
dan limit trigonometri
· Menyusun
laporan yang berkaitan dengan limit menuju
tak hingga
dan limit trigonometri
Portofolio
· Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan
hasil analisis dan kesimpulan
Tes
Tes
tertulis.
|
4 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.10Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan
sifat-sifat limit fungsi trigonometri
dan nilai limit
fungsi aljabar menuju ketakhinggaan dan
meng-gunakan dalam pemecah-an berbagai
masalah.
|
||||||
4.8 Menyajikan
dan mengilustrasikan konsep limit dalam konteks nyata.
|
||||||
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis,
jujur serta responsif dalam memecahkan
masalah matematika,
bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Turunan fungsi trigonometri
|
Mengamati
· Mencermati konsep turunan trigonometri kaitannya dengan limit baik dari
buku, penjelasan guru ataupun sumber lain.
· Mencermati konsep turunan fungsi trigonometri kaitannya dengan limit.
Menanya
· Membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan konsep turunan
kaitannya dengan limit
· Berdasarkan
observasi dan pertanyaan guru, siswa menanyakan dan mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan turunan trigonometri
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan
limit trginonomteri dengan manipulasi aljabar, dengan
mengingat kembali identitas trigonometri
· Mendiskusikan
turunan trigonometri dan sifat-sifatnya.
Mengmengasosiasikan
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang limit, turunan trigonometri
· Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis tentang
apa yang telah dipelajari
· Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang
berkaitan dengan turunan trigonometri
· Mengerjakan
latihan berkaitan dengan turunan trigonometri
· Menyusun
laporan yang berkaitan dengan urunan
trigonometri
Portofolio
· Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan
hasil analisis dan kesimpulan
Tes
Tes
tertulis.
|
4 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.11 Mendeskripsikan
konsep turunan
fungsi trigonometri
untuk menurunkan sifat-sifatnya serta menggunakannya dalam memecahkan masalah.
|
||||||
4.9 Merencanakan dan
melaksanakan strategi yang
efektif
dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
masalah nyata tentang fungsi trigonometri.
|
||||||
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Turunan fungsi trigonometri
|
Mengamati
· Mencermati konsep penggunaan turunan trigonometri untuk fungsi naik dan
turun.
· Mencermati penggunaan turunan untuk menentukan titik stasioner
Menanya
· Menanya tentang penentuan titik maksimum, minimum dan perpotongan dengan sumbu
x.
· Mendiskusikan
hal-hal yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan fungsi naik dan turun, menentukan titik stasioner dan
perpotongan dengan sumbu x.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan konsep
fungsi naik dan fungsi turun.
· Mendiskusikan metode untuk menentukan titik-titik stasioner.
· Bereksperimen menggambar suatu fungsi dengan terlebih dahulu menentukan
titik-titik yang dibutuhkan
· Bereksperimen menerapkan penggunaaan turunan untuk aplikasi masalah
kontekstual.
Mengmengasosiasikan
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penggunaan turunan untuk menentukan fungsi naik dan fungsi turun,
menggambar suatu fungsi, nilai maksimum dan minimum suatu fungsi.
· Menganalisis
dan menyimpulkan penggunaan turunan untuk menyelesaikan masalah
kontekstual.
· Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis tentang
apa yang telah dipelajari
· Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang
kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang
berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
· Mengerjakan
latihan berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
· Menyusun
laporan yang berkaitan dengan turunan dan
penggunaannya
Portofolio
· Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan
hasil analisis dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
7 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.12
Menganalisis konsep dan
sifat
turunan fungsi trigonometri dan menerapkannya untuk menentukan titik stasioner (titik maximum,
titik
minimum dan titik belok).
|
||||||
4.10
Menyajikan,
dan memecahkan masalah nyata
|
||||||
2.1 Melatih
diri bersikap konsisten,
rasa ingin tahu, bersifat kritis , jujur
serta responsif dalam memecahkan masalah
matematika, bidang ilmu lain, dan masalah nyata
kehidupan
2.2 Menunjukkan
kemampuan berkolaborasi, percaya diri,
tangguh, kemampuan
bekerjasama
dan bersikap realistis
serta proaktif dalam memecahkan
dan menafsirkan penyelesaian
masalah
|
Aplikasi Turunan Fungsi
|
Mengamati
· Mencermati konsep penggunaan turunan trigonometri untuk menentukan garis
singgung.
· Mencermati penggunaan turunan untuk menentukan nilai
maksimum dan minimum suatu fungsi
Menanya
· Menanya penggunaan
turunan untuk menentukan garis singgung kurva.
· Berdasarkan
observasi, menanyakan dan mendiskusikan hal-hal
yang belum dimengerti tentang berbagai hal
berkaitan dengan persamaan garis singgung.
Mengeksplorasikan
· Mendiskusikan
penggunaan turunan untuk menentukan persamaan garis
singgung
· Bereksperimen menerapkan penggunaaan turunan untuk aplikasi masalah kontekstual.
Mengmengasosiasikan
· Menganalisis
dan menyimpulkan hasil observasi dan eksperimen tentang penggunaan turunan untuk menentukan garis singgung.
· Menganalisis
dan menyimpulkan penggunaan turunan untuk menyelesaikan masalah
kontekstual.
· Menyimpulkan
hasil analisis dan pengamatan dalam bentuk laporan
Mengomunikasikan
· Menyampaikan secara lisan dan tertulis tentang
apa yang telah dipelajari
· Merespon
dalam hal-hal yang kurang jelas dan mengidentifikasi apabila ada konsep yang
kurang lengkap.
|
Tugas
· membaca dan
mempelajari berbagai sumber belajar yang
berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
· Mengerjakan
latihan berkaitan dengan turunan dan penggunaannya
· Menyusun
laporan yang berkaitan dengan turunan dan
penggunaannya
Portofolio
· Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
· Laporan
hasil analisis dan kesimpulan
Tes
Tes tertulis.
|
7 x 4
jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XI
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
|
3.13 Menganalisis bentuk model matematika berupa persamaan fungsi, serta menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi dan garis singgung kurva dalam menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar
|
||||||
4.11 Menyajikan data
dari
situasi nyata,
memilih variabel dan mengomunikasikannya dalam bentuk
model matematika berupa
persamaan
fungsi, serta menerapkan konsep dan
sifat turunan fungsi dan
garis singgung kurva dalam
menaksir nilai fungsi dan nilai akar-akar persamaan aljabar.
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar