RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 1 Buluspesantren
Mata Pelajaran : Matematika-Peminatan
Kelas/Semester : X MIA /1
Materi Pokok :
Eksponen dan Logaritma
Topik
: Logaritma
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotongroyong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan
dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan,dan
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait
penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak
terkait
dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak
secara efektif dan
kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Tujuan
Pembelajaran:
Melalui
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok serta ceramah dalam pembelajaran Logaritma ini diharapkan siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran,
mampu bekerjasama, konsisten, berperilaku disiplin,
percaya diri, toleransi, dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1. Menjelaskan pengertian logaritma dengan secara tepat, sistematis,
dan menggunakan simbol yang benar.
2. Menjelaskan konsep dan definisi dari logaritma secara tepat, sistematis, dan
menggunakan simbol yang benar.
3. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan logaritma.
C.
Kompetensi
Dasar
1.
Menghayati dan mengamalkan agama yang
dianutnya.
2.1 Memiliki
motivasi internal, kemampuan
bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya
diri, dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi
berpikir dalam
memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis
dan disiplin dalam melakukan
tugas
belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung
jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan perilaku
peduli lingkungan.
3.1 Memilih
dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik
permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar
berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat
dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
D.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran logaritma.
2. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4. Menjelaskan
pengertian logaritma.
5. Menjelaskan definisi logaritma yang tersedia didalam soal.
6. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan logaritma.
E.
Materi
LOGARITMA
Definisi
dari logaritma
Misalkan
dan c rasional maka jikadan hanya jika
Dimana :
disebut basis
disebut numerus ( b > 0 )
C disebut hasil logaritma
Jika
logaritma dengan basis e (yaitu e 2,718..., e
adalah bilangan Euler ) maka ditulis ln b.
Bilangan
pokok (basis) 10 tidak ditulis , sehingga .
grafik fungsi y = f(x) = 2log x, f(x)
= – 2log x, f(x) = 3log x dan f(x) =
–3log x yang disajikan berikut.
Logaritma adalah invers dari perpangkatan, yaitu mencari
pangkat dari
suatu bilangan dimana bilangan pokok (x)
dan hasilnya diketahui.
F.
Metode
Pembelajaran
Dengan pendekatan saintifik
(scientific). Pembelajaran metode diskusi dan ekspositori. Pembelajaran kooperatif
dengan menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based
learning).
G.
Media Pembelajaran
1. Papan
tulis
2. Boardmaker
3. Kapur
4. Buku
siswa
H.
Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Kurikulum 2013
2. LKS
Master Matematika Wajib Kurikulum 2013
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengawali pembelajaran dengan salam.
2. Guru
meminta ketua kelas untuk menyiapkan selanjutnya berdoa.
3. Guru
mengecek kehadiran.
4. Guru
menyampaikan tujuan yang ingin dicapai.
5. Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis serta mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya,
siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan nilai x dari 2x
= 4 dan nilai x dari 2x = 6 , (tidak terpecahkan bila
menggunakan definisi menggunakan sifat-sifat perpangkatan).
|
20 menit
|
Inti
|
1.
Peserta didik dikelompokkan ke dalam kelompok masing-masing berangotakan tiga
sampai empat orang.
2.
Guru menfasilitasi peserta didik untuk mempelajari
konsep logaritma serta penerapan
logaritma dalam kehidupan sehari-hari sambil tanya jawab untuk memahaminya dengan
menggunakan buku siswa.
3.
Guru berkeliling mencermati siswa bekerja,
mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum
dipahami.
4.
Guru memberi bantuan (scaffolding)
berkaitan dengan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok, atau
klasikal.
5.
Setelah selesai guru menunjuk salah satu
siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya
sebagai perwakilan dari kelompoknya.
6.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain
untuk bertanya.
7.
Guru memberikan penjelasan ulang.
8.
Tiap individu diberikan tugas tentang menentukan
logaritma dan mengubah bentuk pangkat kedalam bentuk logaritma untuk
dikumpulkan. (terlampir)
9.
Guru meminta siswa untuk mengerjakannya
didepan dan menjelaskan.
|
100 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana konsep
dari logaritma.
2.
Guru memberikan tugas untuk mempelajari
pembuktian sifat-sifat logaritma.
3.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan untuk tetap belajar.
4.
Guru menutup kegiatan belajar dengan salam.
|
15 menit
|
J.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran logaritma.
b.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan kembali pengertian logaritma secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
|
Pengamatan dan
tes
|
Penyelesaian tugas
individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan logaritma
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat
diskusi
|
K.
Instrumen
Penilaian Hasil belajar
ü Teknik :
Buku
siswa dan LKPD
Bentuk instrumen : uraian
Contoh instrumen : terlampir
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik
dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga
proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis
(ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan
strategi memecahkan masalah.
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801
1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK
KONSEP LOGARITMA
Nama :
..............................................................
No Absen :
.............................................................
Kelas :..............................................................
1. Tentukan
nilai-nilai x pada persamaan berikut
a. 2 log 32 = x
b. 3 log 27 = x
c. 5 log 5 = x
d. 7 log = x
e. Log
10.000 = x
2. Ubahlah
kedalam bentuk logaritma :
a. 34 =
81
b. 4 x =
64
c.
KUNCI JAWABAN
KONSEP LOGARITMA
1. Tentukan nilai-nilai x pada persamaan berikut
a. 2 log 32 = x
b. 3 log 27 = x
c. 5 log 5 = x
d. 7 log = x
e. Log
10.000 = x
2. Ubahlah
kedalam bentuk logaritma :
a. 34
= 81 3 log 81 = 4
b. 4 x
= 64 4
log 64 = x
c. log x = 3
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X MIA 1/1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam
pembelajaran Logaritma
1. Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika
sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
||||||||||||||||||
AKTIF
|
BEKERJASAMA
|
TOLERAN
|
||||||||||||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||||||||||||
1
|
ADITYA YUDHA PRATAMA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
2
|
ALVI HENRI SUTANTRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
3
|
ANNISA NUR HIDAYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
4
|
AYU FITRIYAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
5
|
AYU PRATIWI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
6
|
BERLINA ADITYA SAPUTRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
7
|
CAHYO SUJATMIKO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
8
|
DWI MEI SUSANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
9
|
DWI SETYO WIDODO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
10
|
FENI REZTIA DEVI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
11
|
FIKA DESI NUGRAHENI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
12
|
FITRIANINGSIH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
13
|
IBNATUL LATIFAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
14
|
IKA JUNI LESTARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
15
|
INDAH SRI AHYANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
16
|
MIFTAHUL HASANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
17
|
MUHTAROM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
18
|
NUNING DESY ARIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
19
|
NUR NGAISAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
20
|
NURUL KASTIKASARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
21
|
OKTAVIAN KUNCORO AJI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
22
|
REKA ANGGIE ESTINA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
23
|
RIZMA WAKHIDATUL FEBRIYANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
24
|
SARAS WINARSIH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
25
|
SASADILA INDAH SURYANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
26
|
SOCHIB WIDIANTO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
27
|
SURYANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
28
|
USWATUN MUNGALIMAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
29
|
WIJI ASTUTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
30
|
YUNI FATUN DWI KHASANAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||
31
|
ZAID GHOZALI
|
|||||||||||||||||||
Keterangan:
KB : Kurang baik B : Baik SB :
Sangat baik
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801
1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X/1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan sifat Logaritma.
1.
Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan sifat logaritma
2. Terampil
jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sifat tetapi belum tepat.
3. Sangat terampil jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sifat logaritma dan sudah
tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
NAMA
|
KETRAMPILAN
|
||
MENERAPKAN
KONSEP/PRINSIP DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
ADITYA YUDHA PRATAMA
|
|
|
|
2
|
ALVI HENRI SUTANTRI
|
|
|
|
3
|
ANNISA NUR HIDAYAH
|
|
|
|
4
|
AYU FITRIYAH
|
|
|
|
5
|
AYU PRATIWI
|
|
|
|
6
|
BERLINA ADITYA SAPUTRI
|
|
|
|
7
|
CAHYO SUJATMIKO
|
|
|
|
8
|
DWI MEI SUSANTI
|
|
|
|
9
|
DWI SETYO WIDODO
|
|
|
|
10
|
FENI REZTIA DEVI
|
|
|
|
11
|
FIKA DESI NUGRAHENI
|
|
|
|
12
|
FITRIANINGSIH
|
|
|
|
13
|
IBNATUL LATIFAH
|
|
|
|
14
|
IKA JUNI LESTARI
|
|
|
|
15
|
INDAH SRI AHYANI
|
|
|
|
16
|
MIFTAHUL HASANI
|
|
|
|
17
|
MUHTAROM
|
|
|
|
18
|
NUNING DESY ARIANI
|
|
|
|
19
|
NUR NGAISAH
|
|
|
|
20
|
NURUL KASTIKASARI
|
|
|
|
21
|
OKTAVIAN KUNCORO AJI
|
|
|
|
22
|
REKA ANGGIE ESTINA
|
|
|
|
23
|
RIZMA WAKHIDATUL FEBRIYANI
|
|
|
|
24
|
SARAS WINARSIH
|
|
|
|
25
|
SASADILA INDAH SURYANI
|
|
|
|
26
|
SOCHIB WIDIANTO
|
|
|
|
27
|
SURYANI
|
|
|
|
28
|
USWATUN MUNGALIMAH
|
|
|
|
29
|
WIJI ASTUTI
|
|
|
|
30
|
YUNI FATUN DWI KHASANAH
|
|
|
|
31
|
ZAID GHOZALI
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801
1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X MIA 2/1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam
pembelajaran Logaritma
4. Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
5. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
6. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
4. Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
5. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
6. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Kurang baik jika
sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
5.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum konsisten.
6.
Sangat
baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
||||||||
AKTIF
|
BEKERJASAMA
|
TOLERAN
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
AHMAD MUNAWAR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
DEFI FARIDA PERMATA SARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
DESI SOLIHATUN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
DWI KRISNAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
DWI PUTRI NINGRUM FITRIANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
EKA PRIMAITA SARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
ENDAH RIYANTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
FAIZAL SYARIF HIDAYAT
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
FENI RISHAYANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
FIMPI KURNIA FAHYUTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
IMAM MALIK AZIZ
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
JUNI INDRAYANI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
KRISWANTO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
LAELY HIKMAWATI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
LAILIA KURUNIA RAHMAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
LUQMANTO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
MUSLIMAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
MUSTANGINAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
MUSTIKA DEWI ASIH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
NOVITA LESTARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
NUR KHABIBAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
PUJI RAHAYU KHUSNUL BAROKAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
PURWANI HAYUNINGRUM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
RATNA ASIH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
REJEKI WULAN SARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
SITI NANIK ATIQOH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
TRI BUANA WAHYUNINGSARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
TRI WAHYUNI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
UMI LAILATUL HASANAH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
WINDA LESTARI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik B : Baik SB :
Sangat baik
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801
1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X MIA 2/1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan Logaritma.
4.
Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan logaritma
5. Terampil
jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma tetapi belum
tepat.
6. Sangat terampil jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
NAMA
|
KETRAMPILAN
|
||
MENERAPKAN
KONSEP/PRINSIP DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
AHMAD MUNAWAR
|
|
|
|
2
|
DEFI FARIDA PERMATA SARI
|
|
|
|
3
|
DESI SOLIHATUN
|
|
|
|
4
|
DWI KRISNAWATI
|
|
|
|
5
|
DWI PUTRI NINGRUM FITRIANI
|
|
|
|
6
|
EKA PRIMAITA SARI
|
|
|
|
7
|
ENDAH RIYANTI
|
|
|
|
8
|
FAIZAL SYARIF HIDAYAT
|
|
|
|
9
|
FENI RISHAYANI
|
|
|
|
10
|
FIMPI KURNIA FAHYUTI
|
|
|
|
11
|
IMAM MALIK AZIZ
|
|
|
|
12
|
JUNI INDRAYANI
|
|
|
|
13
|
KRISWANTO
|
|
|
|
14
|
LAELY HIKMAWATI
|
|
|
|
15
|
LAILIA KURUNIA RAHMAH
|
|
|
|
16
|
LUQMANTO
|
|
|
|
17
|
MUSLIMAH
|
|
|
|
18
|
MUSTANGINAH
|
|
|
|
19
|
MUSTIKA DEWI ASIH
|
|
|
|
20
|
NOVITA LESTARI
|
|
|
|
21
|
NUR KHABIBAH
|
|
|
|
22
|
PUJI RAHAYU KHUSNUL BAROKAH
|
|
|
|
23
|
PURWANI HAYUNINGRUM
|
|
|
|
24
|
RATNA ASIH
|
|
|
|
25
|
REJEKI WULAN SARI
|
|
|
|
26
|
SITI NANIK ATIQOH
|
|
|
|
27
|
TRI BUANA WAHYUNINGSARI
|
|
|
|
28
|
TRI WAHYUNI
|
|
|
|
29
|
UMI LAILATUL HASANAH
|
|
|
|
30
|
WINDA LESTARI
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801
1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar