Rabu, 12 November 2014

RPP Logaritma



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMA Negeri 1 Buluspesantren
Mata Pelajaran                  : Matematika-Peminatan
Kelas/Semester                 : X MIA /1
Materi Pokok                    : Eksponen dan Logaritma
Topik                                : Logaritma
Alokasi Waktu                 : 3 x 45 menit


A.      Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena   dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok serta ceramah dalam pembelajaran Logaritma ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu bekerjasama, konsisten, berperilaku disiplin, percaya diri, toleransi, dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.      Menjelaskan pengertian logaritma dengan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2.      Menjelaskan konsep dan definisi dari logaritma secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
3.      Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma.

C.    Kompetensi Dasar
1.         Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1     Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2  Mampu  mentransformasi diri dalam berpilaku  jujur, tangguh  mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1     Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.1     Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.

D.    Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran logaritma.
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menjelaskan pengertian logaritma.
5.    Menjelaskan definisi logaritma yang tersedia didalam soal.
6.    Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma.  

E.     Materi
LOGARITMA

Definisi dari logaritma
Misalkan dan c rasional maka  jikadan hanya jika
Dimana :  disebut basis  
                disebut numerus ( b > 0 )
                C disebut hasil logaritma
Jika logaritma dengan basis e (yaitu e  2,718..., e adalah bilangan Euler ) maka  ditulis ln b.
Bilangan pokok (basis) 10 tidak ditulis , sehingga .
grafik fungsi y = f(x) = 2log x, f(x) = – 2log x, f(x) = 3log x dan f(x) = –3log x yang disajikan berikut.


 











Logaritma adalah invers dari perpangkatan, yaitu mencari pangkat dari suatu bilangan dimana  bilangan pokok (x) dan hasilnya diketahui.

F.     Metode Pembelajaran
Dengan pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran metode diskusi dan ekspositori. Pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem based learning).


G.    Media Pembelajaran
1.      Papan tulis
2.      Boardmaker
3.      Kapur
4.      Buku siswa

H.    Sumber Belajar
1.      Buku Pegangan Kurikulum 2013
2.      LKS Master Matematika Wajib Kurikulum 2013

I.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam.
2.      Guru meminta ketua kelas untuk menyiapkan selanjutnya berdoa.
3.      Guru mengecek kehadiran.
4.      Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai.
5.      Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis serta mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan nilai x dari 2x = 4 dan nilai x dari 2x = 6 , (tidak terpecahkan bila menggunakan definisi menggunakan sifat-sifat perpangkatan).
20 menit
Inti
1.      Peserta didik dikelompokkan ke dalam  kelompok masing-masing berangotakan tiga sampai empat orang.
2.      Guru menfasilitasi peserta didik untuk mempelajari  konsep logaritma serta penerapan logaritma dalam kehidupan sehari-hari sambil tanya jawab untuk memahaminya dengan menggunakan buku siswa.
3.      Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, mencermati dan menemukan berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
4.      Guru memberi bantuan (scaffolding) berkaitan dengan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok, atau klasikal.
5.      Setelah selesai guru menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya  sebagai perwakilan dari kelompoknya.
6.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk bertanya.
7.      Guru memberikan penjelasan ulang.
8.      Tiap individu diberikan tugas tentang menentukan logaritma dan mengubah bentuk pangkat kedalam bentuk logaritma untuk dikumpulkan. (terlampir)
9.      Guru meminta siswa untuk mengerjakannya didepan dan menjelaskan.
100 menit
Penutup
1.      Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana konsep dari logaritma.
2.      Guru memberikan tugas untuk mempelajari pembuktian sifat-sifat logaritma.
3.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
4.      Guru menutup kegiatan belajar dengan salam.
15 menit

J.      Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran logaritma.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali pengertian  logaritma secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi


K.    Instrumen Penilaian Hasil belajar
ü  Teknik                                   : Buku siswa dan LKPD
Bentuk instrumen                 : uraian
Contoh instrumen                 : terlampir
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.

Mengetahui,
Guru Pamong


Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
Kebumen,….....................
Praktikan


Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341




LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
KONSEP LOGARITMA
Nama               : ..............................................................
No Absen         : .............................................................
Kelas               :..............................................................
1.       Tentukan nilai-nilai x pada persamaan berikut
a.       2 log 32 = x
b.      3 log 27 = x
c.       5 log 5 = x
d.      7 log = x
e.       Log 10.000 = x
2.       Ubahlah kedalam bentuk logaritma :
a.       34 = 81
b.      4 x = 64
c.        

KUNCI JAWABAN
KONSEP LOGARITMA
1. Tentukan nilai-nilai x pada persamaan berikut
a.       2 log 32 = x
b.      3 log 27 = x
c.       5 log 5 = x
d.      7 log = x 
e.       Log 10.000 = x
2.       Ubahlah kedalam bentuk logaritma :
a.       34 = 81 3 log 81 = 4
b.      4 x = 64  4 log 64 = x
c.           log x = 3


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas/Semester                        : X MIA 1/1
Tahun Pelajaran                       : 2014/2015
Waktu Pengamatan                 :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Logaritma
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

NO
NAMA
SIKAP

AKTIF
BEKERJASAMA
TOLERAN

KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB

1
ADITYA YUDHA PRATAMA









2
ALVI HENRI SUTANTRI









3
ANNISA NUR HIDAYAH









4
AYU FITRIYAH









5
AYU PRATIWI









6
BERLINA ADITYA SAPUTRI









7
CAHYO SUJATMIKO









8
DWI MEI SUSANTI









9
DWI SETYO WIDODO









10
FENI REZTIA DEVI









11
FIKA DESI NUGRAHENI









12
FITRIANINGSIH









13
IBNATUL LATIFAH









14
IKA JUNI LESTARI









15
INDAH SRI AHYANI









16
MIFTAHUL HASANI









17
MUHTAROM









18
NUNING DESY ARIANI









19
NUR NGAISAH









20
NURUL KASTIKASARI









21
OKTAVIAN KUNCORO AJI









22
REKA ANGGIE ESTINA









23
RIZMA WAKHIDATUL FEBRIYANI









24
SARAS WINARSIH









25
SASADILA INDAH SURYANI









26
SOCHIB WIDIANTO









27
SURYANI









28
USWATUN MUNGALIMAH









29
WIJI ASTUTI









30
YUNI FATUN DWI KHASANAH









31
ZAID GHOZALI






























Keterangan:
KB      : Kurang baik              B         : Baik                           SB       : Sangat baik


Mengetahui,
Guru Pamong


Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
Kebumen,….....................
Praktikan


Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas/Semester                        : X/1
Tahun Pelajaran                       : 2014/2015
Waktu Pengamatan     :
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sifat Logaritma.
1.      Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sifat logaritma
2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sifat tetapi belum tepat.
3.      Sangat terampil jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sifat logaritma dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
NAMA
KETRAMPILAN
MENERAPKAN KONSEP/PRINSIP DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
KT
T
ST
1
ADITYA YUDHA PRATAMA



2
ALVI HENRI SUTANTRI



3
ANNISA NUR HIDAYAH



4
AYU FITRIYAH



5
AYU PRATIWI



6
BERLINA ADITYA SAPUTRI



7
CAHYO SUJATMIKO



8
DWI MEI SUSANTI



9
DWI SETYO WIDODO



10
FENI REZTIA DEVI



11
FIKA DESI NUGRAHENI



12
FITRIANINGSIH



13
IBNATUL LATIFAH



14
IKA JUNI LESTARI



15
INDAH SRI AHYANI



16
MIFTAHUL HASANI



17
MUHTAROM



18
NUNING DESY ARIANI



19
NUR NGAISAH



20
NURUL KASTIKASARI



21
OKTAVIAN KUNCORO AJI



22
REKA ANGGIE ESTINA



23
RIZMA WAKHIDATUL FEBRIYANI



24
SARAS WINARSIH



25
SASADILA INDAH SURYANI



26
SOCHIB WIDIANTO



27
SURYANI



28
USWATUN MUNGALIMAH



29
WIJI ASTUTI



30
YUNI FATUN DWI KHASANAH



31
ZAID GHOZALI




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil


Mengetahui,
Guru Pamong


Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
Kebumen,….....................
Praktikan


Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341



LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas/Semester                        : X MIA 2/1
Tahun Pelajaran                       : 2014/2015
Waktu Pengamatan                 :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Logaritma
4.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
5.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum konsisten
6.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
4.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
5.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
6.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
5.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum konsisten.
6.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
NAMA
SIKAP
AKTIF
BEKERJASAMA
TOLERAN
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1
AHMAD MUNAWAR









2
DEFI FARIDA PERMATA SARI









3
DESI SOLIHATUN









4
DWI KRISNAWATI









5
DWI PUTRI NINGRUM FITRIANI









6
EKA PRIMAITA SARI









7
ENDAH RIYANTI









8
FAIZAL SYARIF HIDAYAT









9
FENI RISHAYANI









10
FIMPI KURNIA FAHYUTI









11
IMAM MALIK AZIZ









12
JUNI INDRAYANI









13
KRISWANTO









14
LAELY HIKMAWATI









15
LAILIA KURUNIA RAHMAH









16
LUQMANTO









17
MUSLIMAH









18
MUSTANGINAH









19
MUSTIKA DEWI ASIH









20
NOVITA LESTARI









21
NUR KHABIBAH









22
PUJI RAHAYU KHUSNUL BAROKAH









23
PURWANI HAYUNINGRUM









24
RATNA ASIH









25
REJEKI WULAN SARI









26
SITI NANIK ATIQOH









27
TRI BUANA WAHYUNINGSARI









28
TRI WAHYUNI









29
UMI LAILATUL HASANAH









30
WINDA LESTARI










Keterangan:
KB      : Kurang baik              B         : Baik                           SB       : Sangat baik


Mengetahui,
Guru Pamong


Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
Kebumen,….....................
Praktikan


Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas/Semester                        : X MIA 2/1
Tahun Pelajaran                       : 2014/2015
Waktu Pengamatan     :
Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Logaritma.
4.      Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma
5.      Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma tetapi belum tepat.
6.      Sangat terampil jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
NAMA
KETRAMPILAN
MENERAPKAN KONSEP/PRINSIP DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
KT
T
ST
1
AHMAD MUNAWAR



2
DEFI FARIDA PERMATA SARI



3
DESI SOLIHATUN



4
DWI KRISNAWATI



5
DWI PUTRI NINGRUM FITRIANI



6
EKA PRIMAITA SARI



7
ENDAH RIYANTI



8
FAIZAL SYARIF HIDAYAT



9
FENI RISHAYANI



10
FIMPI KURNIA FAHYUTI



11
IMAM MALIK AZIZ



12
JUNI INDRAYANI



13
KRISWANTO



14
LAELY HIKMAWATI



15
LAILIA KURUNIA RAHMAH



16
LUQMANTO



17
MUSLIMAH



18
MUSTANGINAH



19
MUSTIKA DEWI ASIH



20
NOVITA LESTARI



21
NUR KHABIBAH



22
PUJI RAHAYU KHUSNUL BAROKAH



23
PURWANI HAYUNINGRUM



24
RATNA ASIH



25
REJEKI WULAN SARI



26
SITI NANIK ATIQOH



27
TRI BUANA WAHYUNINGSARI



28
TRI WAHYUNI



29
UMI LAILATUL HASANAH



30
WINDA LESTARI




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil


Mengetahui,
Guru Pamong


Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
Kebumen,….....................
Praktikan


Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341


Tidak ada komentar:

Posting Komentar