Rabu, 12 November 2014

RPP SPLDV



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SMA Negeri 1 Wonosobo
Mata Pelajaran          : Matematika-Wajib
Kelas/Semester          : X/1
Materi Pokok             : Penyelesaian Sistem Persamaan Linier
Topik                          : Penyelesaian SPLDV
Alokasi Waktu           : 1 x 2 jam pelajaran

A.    Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan diskusi kelompok dengan model problem based learning dalam pembelajaran penyelesaian sistem persamaan linier diharapkan siswa  disiplin, bertanggung jawab, dapat bekerjasama, terlibat aktif, dan memiliki rasa ingin tahu, serta:
1.    Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
2.    Siswa dapat membuat model matematika berupa sistem persamaan linier dari situasi nyata.
3.    Siswa dapat menemukan jawaban dari model matematika.
B.     Kompetensi Dasar
2.1  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap  toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2  Mampu mentransformasikan diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
4.4  Menggunakan SPLD  untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan.
4.5  Membuat model matematika berupa SPLDV dari situasi nyata dan matematika, serta menunjukkan jawaban dn menganalisis model sekaligus jawabannya.

1.      Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sistem persamaan linier.
2.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok dan toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
3.      Mampu menerapkan berbagai strategi dalam menentukan himpunan penyelesaian SPLDV.
4.      Membuat model matematika berupa sistem persamaan linier dari situasi nyata serta menemukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabannya.
D.    Materi Pembelajaran
1.      Himpunan Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.
Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) adalah suatu sistem persamaan linear dengan dua variabel.
Bentuk umum sistem persamaan linear dengan dua variabel x dan y adalah
         persamaan 1
         persamaan 2
dengan , , , , , dan  bilangan real;  dan  tidak keduanya 0;  dan  tidak keduanya 0.
x, y : variabel
,  : koefisien variabel x
, ,: koefisien variabel y
,  : konstanta persamaan
Jika =  = 0 maka SPLD itu dikatakan homogen, sedangkan u    maka SPLDV itu dikatakan tidak homogen
1)      Metode Grafik
x   +  y  = 2    Persamaan 1
4x + 2y = 7    Persamaan 2
Bagaimana menggambar grafik Persamaan-1 dan 2 di atas untuk memperoleh sistem persamaan linear tersebut?
·         Tentukan titik potong terhadap sumbu koordinat untuk persamaan 1

x + y =2
 X
0
2
Y
2
0
Diperoleh titik-titik potong kurva x + y =2 terhadap sumbu koordinat, yaitu titik (0,2) dan (2,0).
·         Tentukan titik potong terhadap sumbu koordinat untuk persamaan 2

4x + 2y =7
 X
0
Y
0
Diperoleh titik- titik potong kurva 4x + 2y = 7 terhadap sumbu koordinat, yaitu titik (0,  dan ( ,0)
·         Tarik garis lurus dari titik (0,2) ke titik (2,0) dan dari titik (0,  ke titik ( ,0)
Berdasarkan gambar grafik x + y = 2 dan 4 x + 2y =7, kedua garis lurus tersebut berpotongan pada sebuah titik, yaitu titik (  sehingga himpunan penyelesaian sistem persamaan linier x + y= 2 dan 4x +2y=7 adalah {(
2)      Metode eliminasi
Contoh:
x   +  y  = 2    Persamaan 1
4x + 2y = 7    Persamaan 2
Penyelesaian
x   +  y  = 2 | x 4               4x+4y = 8
4x + 2y = 7 | x 1               4x+2y = 7
                                                2y = 1
                                                 y =
x   +  y  = 2 | x 2               2x+2y = 4
4x + 2y = 7 | x 1               4x+2y = 7
                                        -2x = -3
                                                       x =
diperoleh himpunan penyelesaian kedua persamaan adalah {(
3)      Metode Substitusi
x + y = 2            x = -y + 2
substitusikan ke persamaan 2
4x+2y = 7          4(-y+2) + 2y = 7
                           -4y+8+2y      = 7
                           -2y + 8          = 7
                           -2y                = 7-8
                           y                   = -
substitusikan nilai y
x = -y+2
x = -  +2
x =
diperoleh himpunan penyelesaian kedua persamaan adalah {(
4)      Metode eliminasi dan substitusi
x   +  y  = 2    Persamaan 1
4x + 2y = 7    Persamaan 2
Penyelesaian
x   +  y  = 2    | x 4                            4x + 4y = 8
4x + 2y = 7    | x 1                            4x + 2y = 7
                                                                  2y = 1
                                                                  y  =
substitusikan nilai y terhadap salah satu persamaan
x   +  y  = 2
x   +    = 2
        x   =
diperoleh himpunan penyelesaian adalah {(
E.     Metode Pembelajaran:
Pendekatan Pembelajaran          : Scientific Learning
Model Pembelajaran                  : Problem Based Learning
F.      Alat / Media
1.      Lembar Penilaian
2.      Spidol, papan tulis
G.    Sumber Pembelajaran
1.      Kemendikbud, (2013), Buku Matematika Siswa Kelas X, Jakarta.
H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
PERSIAPAN
1.      Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan berdoa.
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4.      Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami sistem persamaan linier dalam kehidupan nyata.
5.      Mengingat kembali pengertian konsep sistem persamaan linier dua variabel dan strategi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan SPLDV.
10 menit
Inti
APLIKASI PROBLEM BASED LEARNING
1.      Siswa diminta untuk mempelajari contoh-contoh soal, contoh kasus dan alternatif penyelesaian SPLDV baik pada buku siswa maupun sumber lain.
2.      Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah dipelajari dari buku pegangan siswa maupun dari sumber lain dengan bahasa yang baik dan benar.
3.      Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 4 siswa yang heterogen.
4.      Tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda, yaitu menerapkan SPLDV untuk menyelesaikan masalah nyata yang terkait dengan SPLDV.
5.      Setiap kelompok diarahkan untuk mencoba menyelesaikan masalah yang ada.
6.      Selama siswa bekerja dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat dalam diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh dari pekerjaannya.
7.      Beberapa kelompok diskusi (tidak harus kelompok yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Sementara kelompok lain menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
8.      Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok.
9.      Guru memberikan LKPD untuk dikerjakan tiap siswa kemudian dikumpulkan.
70 menit
Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang langkah-langkah menentukan daerah penyelesaian.
2.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dirumah, dilanjutkan dengan berdoa.
10    menit

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.      Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
1.      Menemukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
2.      Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)

J.      Instrumen Penilaian Hasil belajar 
ü  Teknik                          : tugas kelompok
Bentuk instrumen         : uraian
Contoh instrumen         : terlampir
ü  Teknik                          : LKPD
Bentuk instrumen         : uraian
Contoh instrumen         : terlampir
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.


Mengetahui,
Guru Pamong



Dita Yuziana, M.Pd.
NIP. ----------------------
Wonosobo, Maret 2014
Praktikan



Lena Septanti
NIM. 112144336


Tidak ada komentar:

Posting Komentar