RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 1 Buluspesantren
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester : X MIA /1
Materi Pokok :
Persamaan
dan Pertidaksamaan Linier
Topik
: Konsep Nilai Mutlak
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku
jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotongroyong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan
dunia.
KI 3: Memahami,
menerapkan,dan
menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait
penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak
terkait
dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak
secara efektif dan
kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur
dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2 Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan berperilaku peduli
lingkungan
3.1 Mendiskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak
dalam persamaan dan pertidaksamaan linier serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah nyata
Indikatornya
:
1.
Menemukan konsep nilai mutlak
2.
Membuat grafik fungsi nilai mutlak.
4.1 Menerapkan
konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier dalam memecahkan
masalah nyata.
Indikatornya :
1. Menerapkan
konsep nilai mutlak pada persamaan linear dalam pemecahan masalah.
4.2
Membuat model matematika
berupa persamaan
dan pertidaksamaan linear
dua variabel yang
melibatkan nilai mutlak dari
situasi
nyata
dan matematika, serta menentukan jawab dan
menganalisis model sekaligus
jawabnya.
C. Tujuan
Pembelajaran:
Melalui
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok serta ceramah dalam pembelajaran Konsep
Nilai mutlak ini
diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu bekerjasama, konsisten,
berperilaku disiplin, percaya diri, toleransi, dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat
1. Menjelaskan nilai mutlak serta dapat menggambarkan
grafiknya
2. Menyelesaikan permasalahan nilai mutlak
D.
Materi
Fakta
Nilai
mutlak disimbolkan denga | | dibaca
nilai mutlak dari dan permasalahan konstektual yang berkaitan dengan nilai
mutlak.
Konsep
Pengertian
nilai mutlak
Prinsip
Nilai
mutlak selalu dinyatakan dengan bilangan positif
Prosedur
Menyelesaikan
permasalahan sederhana yang berkaitan dengan konsep nilai mutlak.
E.
Metode
Pembelajaran
Dengan pendekatan saintifik
(scientific). Pembelajaran metode diskusi dan ekspositori. Pembelajaran
kooperatif dengan menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem
based learning).
F.
Media Pembelajaran
1. Papan
tulis
2. Boardmaker
3. Kapur
4. Buku
siswa
G.
Sumber Belajar
1. Buku Pegangan Kurikulum 2013
2. LKS
Master Matematika Wajib Kurikulum 2013
3. Buku
jelajah matematika SMA kelas X Program wajib kurikulum 2013
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengawali pembelajaran dengan salam.
2. Guru
meminta ketua kelas untuk menyiapkan selanjutnya berdoa.
3. Guru
mengecek kehadiran.
4. Guru
menyampaikan tujuan yang ingin dicapai.
5. Sebagai
apersepsi guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami nilai mutlak
dan memberi gambaran tentang aplikasi nilai mutlak dalam persamaan linier
dalam kehidupan sehari-hari.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati :
1. Peserta
didik diberi suatu permasalahan melalui ilustrasi yang berkaitan dengan
konsep nilai mutlak dengan meminta dua orang peserta didik untuk menjadi
model, ilustrasinya yaitu misalkan jika dalam baris-berbaris dalam kegiatan
pramuka.
2. Peserta
didik memperhatikan hal-hal yang penting yang berkaitan dengan konsep nilai
mutlak misalnya kalau ada aba-aba mundur 2 langkah jalan.
Menanya :
3. Peserta
didik dikelompokkan ke dalam kelompok
masing-masing berangotakan tiga sampai empat orang.
4. Peserta
didik didorong untuk mengajukan pertanyaan tentang nilai mutlak.
5. Peserta
didik diberi kesempatan untuk memberikan tanggapannya terhadap pertanyaan
dari teman yang lainnya.
Mengeksplorasi :
6. Peserta
didik diminta memberikan contoh lain yang berkaitan dengan konsep nilai
mutlak.
7. Peserta
didik dalam setiap kelompok diarahkan untuk menemukan konsep nilai mutlak
melalui LKPD yang sudah disediakan. (terlampir)
Mengasosiasikan
:
8. Peserta
didik diminta untuk mengamati dan menyelesaikan soal nilai mutlak dan
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan.
Mengkomunikasikan
:
9. Dengan
tanya jawab peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan soal.
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
diminta menyimpulkan tentang bagaimana konsep nilai mutlak.
2. Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
3. Guru
menutup kegiatan belajar dengan salam.
|
15 menit
|
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian: pengamatan
2.
Prosedur
Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran lKonsep
nilai mutlak.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan
kembali konsep nilai mutlak secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol
yang benar.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai mutlak
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas kelompok dan saat diskusi
|
J.
Instrumen
Penilaian Hasil belajar
ü Teknik :
Buku
siswa dan LKPD
Bentuk instrumen : uraian
Contoh instrumen : terlampir
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik
dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga
proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis
(ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan
strategi memecahkan masalah.
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
Masalah
1
Seorang
anak bermain lompat-lompatan di lapangan. Dari posisi diam, si anak melompat ke
depan 2 langkah, kemudian 3 langkah ke belakang, dilanjutkan 2 langkah ke
depan, kemudian 1 langkah ke belakang, dan akhirnya 1 langkah lagi ke belakang.
Permasalahan:
a.
Dapatkah kamu membuat sketsa lompatan anak tersebut?
b.
Tentukanlah berapa langkah posisi akhir anak tersebut dari posisi semula!
c. Tentukanlah berapa langkah yang dijalani anak
tersebut!
Langkah Penyelesaian
a.
Untuk membuat sketsa lompatan anak
tersebut maka terlebih dahulu kita definisikan bahwa lompatan ke depan adalah
searah dengan sumbu x positif, sebaliknya lompatan ke belakang adalah
searah dengan sumbu x negatif. Serta posisi diam atau posisi awal kita
misalkan dengan x = 0. Gunakan anak panah sebagai arah langkah lompatan, anak
panah pertama diatas garis bilangan sebagai lompatan pertama, anak panah kedua
sebagai lompatan kedua, anak panah ketiga sebagai lompatan ketiga dan
seterusnya sampai akhir. Sekarang silahkan kalian buat sketsanya berdasarkan
alternatif penyelesaian diatas terhadap masalah yang disajikan !
b.
Untuk menghitung
langkah posisi akhir anak tersebut dari posisi semula yaitu dengan x = 0 +
(.....) + (-3) + (.....) + (-1) + (-.....) = - .....
Posisi awal L.
1 L.2 L.3 L. 4 L.5
c. Untuk
menhitung banyaknya langkah yang dijalani anak tersebut kita menggunakan konsep
nilai mutlak karena kita hanya menghitung banyak langkah, bukan arahnya. Banyak
langkah selalu dinyatakan dengan bilangan bulat positif walaupun arahnya ke
arah sumbu x negatif. Banyak langkah dapat dinyatakan dengan nilai
mutlak dari sebuah bilangan bulat. Misalnya mundur 3 langkah dinyatakan dengan
nilai mutlak negatif 3 (atau |.....|), sehingga banyak langkah anak tersebut
adalah |2| + |.......| + |2| + |.......| + |-....| = ...... (....... langkah).
Masalah
2
Isilah titik-titik pada tabel dibawah
ini
Nilai
|
Nilai Mutlak
|
5
|
5
|
3
|
..........
|
2
|
2
|
0
|
.......
|
-2
|
2
|
-3
|
.......
|
-4
|
4
|
-5
|
......
|
Dari tabel diatas kita dapat melihat
bahawa nilai mutlak akan
benilai .......................................... jadi bisa ditarik sebuah
kesimpulan bahwa nilai mutlak adalah
.....................................................................................................
perhatikan garis bilangan dibawah ini
Coba kalian buat garis bilangan dengan
mengganti nilai – nilai bilangan diatas dengan nilai .
Kesimpulan
Misalkan x bilangan real, nilai
mutlak x, dituliskan │x│, didefinisikan
Masalah 3
Berikut
ini kita akan menggambarkan grafik dari
Perhatikan
tabel dibawah ini kemudian isilah pasangan berurutan x dan y
...
|
-4
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
4
|
...
|
|
...
|
4
|
....
|
1
|
.....
|
1
|
.....
|
4
|
...
|
|
...
|
......
|
.....
|
(-1,1)
|
.....
|
......
|
......
|
......
|
...
|
Kemudian buatlah grafik dari tabel
diatas.
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X MIA 2/1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator sikap aktif dalam
pembelajaran Nilai mutlak
1. Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2. Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk bekerjasama
dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.
3. Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha bekerjasama
dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan
konsisten.
Indikator
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.
Kurang baik jika
sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
2.
Baik jika
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum konsisten.
3.
Sangat
baik jika menunjukkansudah
ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda
dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
||||||||
AKTIF
|
BEKERJASAMA
|
TOLERAN
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
AHMAD MUNAWAR
|
|||||||||
2
|
DEFI FARIDA PERMATA SARI
|
|||||||||
3
|
DESI SOLIHATUN
|
|||||||||
4
|
DWI KRISNAWATI
|
|||||||||
5
|
DWI PUTRI NINGRUM FITRIANI
|
|||||||||
6
|
EKA PRIMAITA SARI
|
|||||||||
7
|
ENDAH RIYANTI
|
|||||||||
8
|
FAIZAL SYARIF HIDAYAT
|
|||||||||
9
|
FENI RISHAYANI
|
|||||||||
10
|
FIMPI KURNIA FAHYUTI
|
|||||||||
11
|
IMAM MALIK AZIZ
|
|||||||||
12
|
JUNI INDRAYANI
|
|||||||||
13
|
KRISWANTO
|
|||||||||
14
|
LAELY HIKMAWATI
|
|||||||||
15
|
LAILIA KURUNIA RAHMAH
|
|||||||||
16
|
LUQMANTO
|
|||||||||
17
|
MUSLIMAH
|
|||||||||
18
|
MUSTANGINAH
|
|||||||||
19
|
MUSTIKA DEWI ASIH
|
|||||||||
20
|
NOVITA LESTARI
|
|||||||||
21
|
NUR KHABIBAH
|
|||||||||
22
|
PUJI RAHAYU KHUSNUL BAROKAH
|
|||||||||
23
|
PURWANI HAYUNINGRUM
|
|||||||||
24
|
RATNA ASIH
|
|||||||||
25
|
REJEKI WULAN SARI
|
|||||||||
26
|
SITI NANIK ATIQOH
|
|||||||||
27
|
TRI BUANA WAHYUNINGSARI
|
|||||||||
28
|
TRI WAHYUNI
|
|||||||||
29
|
UMI LAILATUL HASANAH
|
|||||||||
30
|
WINDA LESTARI
|
|||||||||
31
|
MOCHAMAD IQBAL
|
|||||||||
32
|
YUDHA HADI NUGRAHA
|
|||||||||
33
|
LUSI SUKMAWATI
|
|||||||||
34
|
SRI DARYATI
|
Keterangan:
KB : Kurang baik B : Baik SB :
Sangat baik
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X MIA 2/1
Tahun
Pelajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan :
Indikator terampil menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan Nilai mutlak.
1.
Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan
dengan logaritma
2. Terampil
jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma tetapi belum
tepat.
3. Sangat terampil jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma dan
sudah tepat.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
NAMA
|
KETRAMPILAN
|
||
MENERAPKAN
KONSEP/PRINSIP DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
AHMAD MUNAWAR
|
|||
2
|
DEFI FARIDA PERMATA SARI
|
|||
3
|
DESI SOLIHATUN
|
|||
4
|
DWI KRISNAWATI
|
|||
5
|
DWI PUTRI NINGRUM FITRIANI
|
|||
6
|
EKA PRIMAITA SARI
|
|||
7
|
ENDAH RIYANTI
|
|||
8
|
FAIZAL SYARIF HIDAYAT
|
|||
9
|
FENI RISHAYANI
|
|||
10
|
FIMPI KURNIA FAHYUTI
|
|||
11
|
IMAM MALIK AZIZ
|
|||
12
|
JUNI INDRAYANI
|
|||
13
|
KRISWANTO
|
|||
14
|
LAELY HIKMAWATI
|
|||
15
|
LAILIA KURUNIA RAHMAH
|
|||
16
|
LUQMANTO
|
|||
17
|
MUSLIMAH
|
|||
18
|
MUSTANGINAH
|
|||
19
|
MUSTIKA DEWI ASIH
|
|||
20
|
NOVITA LESTARI
|
|||
21
|
NUR KHABIBAH
|
|||
22
|
PUJI RAHAYU KHUSNUL BAROKAH
|
|||
23
|
PURWANI HAYUNINGRUM
|
|||
24
|
RATNA ASIH
|
|||
25
|
REJEKI WULAN SARI
|
|||
26
|
SITI NANIK ATIQOH
|
|||
27
|
TRI BUANA WAHYUNINGSARI
|
|||
28
|
TRI WAHYUNI
|
|||
29
|
UMI LAILATUL HASANAH
|
|||
30
|
WINDA LESTARI
|
|||
31
|
MOCHAMMAD IQBAL
|
|||
32
|
YUDHA HADI NUGRAHA
|
|||
33
|
LUSI SUKMAWATI
|
|||
34
|
SRI DARYATI
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST : Sangat terampil
Mengetahui,
Guru Pamong
Anung Mahudi, ST
NIP. 19760130 200801 1 016
|
Kebumen,….....................
Praktikan
Nani Lasiyah Wahyuni
NIM. 112144341
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar